Cara Mengatasi Luka Kaki Melepuh Akibat Sepatu



Terlalu sempit, terlalu tinggi, atau bentuknya yang terlalu runcing di bagian depan. Semua itu adalah penyebab luka kaki melepuh. Biasanya masalah ini banyak dialami oleh kaum wanita. Luka melepuh di kaki akibat sepatu yang kurang nyaman dipakai biasanya berada si sisi luar jempol kaki, sisi luar jari kelingking kaki atau di bagian belakang atas tumit.



Luka melepuh akibat sepatu biasanya berbentuk memerah, lalu beberapa hari luka kulit yang bergelambir dapat juga berisi air yang sangat perih dan sakit jika ditekan. Jangan pernah mengelupas bagian kaki yang terluka melepuh atau kulit yang menggelambir. Rawat dengan spray antibakteri atau salep dan tutup dengan perban/pembalut/plester yang steril. Biarkan kulit yang longgar/bergelambir tersebut mengering sendiri, hal ini akan melindungi kulit baru di dalamnya hingga kulit baru benar-benar siap, selain itu mengurangi resiko infeksi, lecet dan tidak menimbulkan luka terbuka/basah.

Cara mencegah terjadinya luka lepuh

Gunakan selalu kaos kaki/stocking saat bersepatu. Saat berjalan jauh, dan harus mengenakan sepatu wanita, solusi selain mengenakan kaos kaki tebal adalah, gunakan 2 kaos kaki tipis (dobel). Kedua kaos kaki tipis itu akan saling bergesekan satu sama lain, bukan bergesekan dengan kaki Anda. Anda juga perlu mengaplikasikan petroleum jelly ke kulit sensitif kaki Anda sebelum memakai sepatu.


Jika luka lepuh sampai berisi cairan bening

Untuk mengalirkan cairan dari blister (luka lepuh) sehingga mengurangi rasa sakit dengan kulit di atasnya masih utuh, berikut caranya.

• Cuci tangan Anda dan kaki yang terluka dengan sabun antiseptik dan air hangat. Pastikan bersih dan steril setelah dicuci.
• Usap luka lepuh dengan alkohol.
• Sterilkan sebuah jarum tajam bersih dengan cara membersihkannya dengan kapas beralkohol.
• Gunakan jarum tersebut untuk menusuk luka lepuh. Pilih beberapa titik tepi luka melepuh itu. Keluarkan cairan, tapi jangan sampai mengelupas permukaan kulit yang bergelambir itu. Usahakan tidak sampai merobek besar permukaan kulit melepuh itu.
• Oleskan salep antibiotik / iodine/ betadine pada permukaan kulit bergelambir (luka lepuh) dan tutup dengan perban atau kasa pad.
• Biarkan hingga permukaan kulit atas benar-benar kering, potong semua kulit mati setelah beberapa hari/kondisinya telah mengering. Gunakan pinset dan gunting yang telah disterilkan dengan alkohol. Aplikasikan kembali salep/betadine/plester kembali bila perlu.

Komentar

Postingan Populer