Regenerasi Sel Kulit Wajah



Hampir semua orang, terutama kaum wanita menginginkan selalu tampil dengan kulit wajah yang bersih, kencang, bersinar, kenyal dan awet muda. Berbagai cara ditempuh untuk mendapatkannya. Namun secara alamiah sel kulit manusia akan beregenerasi secara otomatis setiap 28 hari. Kemampuan tiap individu berbeda dalam meregenerasi kulitnya, tergantung usia serta pola hidup yang dijalani. Pada usia 20 tahunan terjadi fase regenerasi kulit yang optimal. Karena pada usia ini komponen kulit seperti kolagen, epiderma, elastin dan pembuluh darah berkembang dengan optimal. Sementara setelah usia 30 tahun kerja regenerasi kulit akan mulai menurun.

Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi sel kulit wajah mengalami penurunan sehingga tidak dapat terjadi secara optimal dan kadang tidak merata di seluruh kulit wajah. Akibatnya akan muncul flek hitam atau warna kulit tidak merata. Ada bagian yang cerah dan ada bagian yang kusam, atau bahkan seluruh kulit wajah tampak kusam. Hal ini dapat timbul karena sel kulit yang telah mati tidak segera diganti dengan sel kulit yang baru karena proses regenerasi sel yang berjalan lambat.

Agar dapat tetap mempertahankan regenerasi sel kulit dengan baik, diperlukan adanya perawatan baik dari dalam maupun dari luar untuk membantu mengoptimalkan proses regenerasi kulit secara alami. Sangat penting untuk menjaga serta merawat kulit sejak dini agar tidak muncul masalah-masalah kulit yang sangat mengganggu. Cara yang paling mudah adalah dengan rutin dan teratur mencuci muka. Pola makan yang sehat juga dapat mengoptimalkan proses regenerasi se kulit, seperti memenuhi asupan serat dengan cukup mengkonsumsi sayur dan buah serta minum air putih tidak kurang dari 8 gelas setiap hari. Hindari juga kebiasaan buruk seperti merokok, minum kafein dan beralkohol serta sering begadang atau tidur malam.

Komentar

Postingan Populer