Inilah Kebiasaan yang Dapat Menjaga Tubuh Tetap Ideal

 


Menjaga berat badan agar selalu ideal merupakan impian setiap orang. Ada beberapa orang yang sangat mudah naik berat badannya, tetapi sangat sulit untuk menurunkannya. Apakah Anda tergolong yang seperti itu? Karena itu menjada tubuh tetap ideal sangat penting, agar kita tidak perlu bersusah payah untuk menurunknnya. Tubuh dengan berat ideal juga identik dengan tubuh yang sehat dan tentu saja akan meningkatkan kepercayaan diri. Namun terkadang kita memiliki kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat meningkatkan berat badan kita. Untuk itulah kita harus menjalankan kebiasaan yang dapat menjaga tubuh tetap ideal, seperti berikut ini.

1. Jaga Pola Makan
Jangan makan berlebihan, makanlah dalam porsi sedang atau kecil. Terlebih jika ada makanan baru yang belum pernah dimakan sebelumnya, karena rasa ingin tahu yang besar terkadang kita lupa untuk berhenti makan. Cukupi asupan serat, jangan lupa menyediakan menu sayur dan buah dalam tiap sajian makan.

2. Biasakan Makan Olahan Sendiri
Sesekali bolehlah jika kita ingin makan-makan di luar, tetapi jangan terlalu sering. Makanlah masakan hasil olahan sendiri di rumah karena kita dapat mengontrol jumlah kalori yang akan kita hidangkan.

3. Cukup Minum Air Putih
Dalam sehari minimal konsumsi air putih sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas per hari. Agar tidak lupa, sediakan botol berisi air yang mudah dibawa. Terkadang karena sibuk kita lupa atau menunda untuk mengambil air minum, karena itu letakkan air dalam botol di dekat tempat kerja kita.

4. Rutin Berolahrga
Jika Anda termasuk orang sibuk yang tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga, lakukan kebiasaan jalan kaki sesering mungkin. Misalnya pilihlah untuk naik lewat tangga daripada dengan lift, atau berjalan kaki ketika pulang kerja.

5. Kurangi Minuman Manis dan Bersoda
Minuman manis dan bersodan memiliki kalori yang tinggi sehingga perlahan akan menjadi timbunan lemak dalam tubuh kita. Untuk itu jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman jenis ini.

6. Tetap Sarapan
Sarapan penting bagi metabolisme tubuh selama seharian. Pilihlah menu sarapan yang tinggi serat dan mengandung cukup energi.

7. Beri Penghargaan
Memberi penghargaan sesekali pada diri sendiri ketika berhasil mencapai target menurunkan berat badan dapat menjadi motivasi bagi diri sendiri. Pemberian penghargaan tidak selalu memerlukan biaya yang besar. Misalnya membeli pakaian baru dengan ukuran yang lebih kecil, perawatan tubuh atau sekedar jalan-jalan.

Komentar

Postingan Populer